Dalam satuan jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan yang berlangsung dalam bentuk formal maupun jenjang pendidikan non formal, kesemuannya itu menunut suatu kualitas out put yang baik. proses penentuan out putyang berkualitas tentu tak lepas dari sebuah pengukuran penilaian yang menjadi dasar tolak ukurnya. Penilian tersebut dapat berupa tes dan juga dapat berupa non tes.
Pada Kesempatan ini, penulis akan membahas masalah penilaian Non tes yang akan digunakan dalam satuan pendidikan diantara :
1. Observasi
Pengumpulan data melalui pengamatan secara langsung maupun tidak langsung, dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan dan mencatat secara sistematis terhadap suatu fenomena-fenomena yang menjadi sasaran dalam pengamatan.
Teknik Observasi ini dibagi menjadi 2 :
1.1. Observasi Terstruktur
Observasi ini sudah dirancan secara sistematis,tentang apa yang akan
diamati, di
mana tempatnya. Jadi, observasi terstruktur dilakukan
apabilapeneliti telah mengetahui
dengan pasti tentang variabelapa yang akan
diamati
1.2. Observasi Naturalistik
Merupakan jenis
penelitian kualitatif dengan melakukan observasi menyeluruh pada sebuah latar tertentu
tanpa sedikitpun mengubahnya. Tujuan utamanya ialah untuk
mengamati dan
memahami perilaku seseorang atau kelompok orang dalam situasi tertentu
2. Wawancara
Pengumpulan data melalui proses komunikasi , dengan memberikan berbagai pertanyaan
yang telah dipersiapkan sebelumnya. Teknik Wawancara dibagi ke dalam beberapa bagian :
2.1. Menurut responden interview
Dibagi menjadi dua yaitu interview langsung dan tidak
langsung. Interview langsung terjadi apabila interview langsung dilakukan
dengan interviewee. Sedangkan interview tidak langsung terjadi apabila
interview dilakukan untuk mendapatkan data mengenai individu yang lain.
Dibagi kedalam dua bentuk yaitu interview terstruktur dan tidak terstruktur. Interview terstruktur adalah interview yang pertanyaaan-pertanyaan interview yang diajukan sudah direncanakan secara rinci dan jelas dan dijadikan sebagai pedoman interview (interview guide). Sedangkan interview tidak terstruktur adalah interview yang pertanyaaan-pertanyaan interview yang diajukan tidak direncanakan secara rinci dan jelas, hanya memuat pokok-pokoknya saja.
2.3. Menurut situasi interview
Dibagi ke dalam dua bentuk yaitu interview formal dan informal. Interview formal terjadi apabila interview dilakukan di sebuah tempat formal dan bersifat resmi. Sedangkan interview informal terjadi apabila dilakukan bukan di sebuah tempat formal dan bersifat tidak resmi, seperti percakapan biasa
2.4. Menurut perencanaan interview.
Pengumpulan data melalui proses penyiapan daftar pernyataan baik secara langsung maupun tidak langsung yang dikirimkan kepada responden. Teknik angket di kelompokkan lagi menjadi 2 yaitu : tertup dan terbuka. sistem angket tertutup adalah sistem angket yang memiliki pertanyaan seperti ya, tidak, pilihan ganda, skala penilian dan daftar cek. sedangkan teknik angket terbuka adalah teknik peniliaan yang memiliki daftar pertanyaan berupa pertanyaan singkat, uraian singkat berbentuk isian.
4. Sosio Metri
Teknik Penilaian Sosio Metri merupakan teknik untuk mengetahui kedudukan peserta didik dalam hubungan sosialnya dengan peserta didik lain.
Penilaian skala sikap ini merupakan penilian yang digunakan untuk menilai sikap, persepsi, pendapat seseorang atau kelompok terhadap fenomena sosial.
6. Catatan Insidental
Catatan insendental merupakan penilian sikap seseorang dengan mencatat peristiwa-peristiwa yang muncul sepintas yang dialami oleh peserta didik.
0 comments :