Media Pembelajaran dan Kumpulan Soal Penilaian Harian (PH), PAS, dan UAS Sekolah Dasar
Kelas 1 s.d Kelas 6 Kuriklum 2013 Terbaru Klik Link Dibawah ini :
https://www.youtube.com/channel/UC9C78_i8t3BUGo21xW0bDjw/videos
DI SLTP NEGERI 2
SITINJAU LAUT
SKRIPSI
Diajukan
Untuk Melengkapi Persyaratan Memperoleh
GelarSarjana
Pendidikan Islam (S. Pd.I)
Pada
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah
YPI
Kerinci
![]() |
O
l e h :
MUJAHIDIN
No. BP. 98.250
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM
(STIT YPI) KERINCI
1423 H/ 2002 M
KERJASAMA SEKOLAH
DAN KELUARGA DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN
DI SLTP NEGERI 2
SITINJAU LAUT
SKRIPSI
![]() |
O
l e h :
MUJAHIDIN
No. BP. 98.250
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM
(STIT YPI)
KERINCI
1423 H/ 2002 M
Nota Dinas
Sungai Penuh, 30 November 2002
Kepada Yth;
Bapak Ketua STIT YPI Kerinci
di
Sungai Penuh
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Dengan
hormat, setelah melakukan bimbingan, arahan, koreksi dan perbaikan seperlunya
terhadap penulisan Skripsi Saudara :
N a
m a :
MUJAHIDIN
Nomor
BP. :
98.250
Judul : Kerja Sama Sekolah dan Keluarga
Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di SLTP Negeri 2 Sitinjau Laut.
Kami
berpendapat, bahwa skripsi tersebut sudah dapat diajukan untuk di munaqasahkan
guna melengkapi tugas-tugas dan memenuhi syarat-syarat untuk mencapai gelar
Sarjana Strata Satu ( S.1 ) pada STIT YPI Kerinci.
Demikianlah, semoga karya ilmiah
ini bermanfaat bagi kepentingan agama, nusa dan bangsa. Akhirnya diaturkan
terima kasih,
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Pembimbing I Pembimbing
II
Drs. H. Martias
Drs. Martunus Wahab

YAYASAN
PENDIDIKAN ISLAM (YPI)
KERINCI
Jalan Ade Irma Suryani Dusun Empih -
Sungai Penuh Telp. 22173
|
PENGESAHAN
Skripsi ini telah
dimunaqasahkan oleh sidang STIT YPI Kerinci Pada hari Senin tanggal 21 Oktober
2002 dan telah diterima sebagai bagian
dari syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh gelar sarjana dalam
Ilmu Tarbiyah.
Sungai Penuh, 30 November 2002
STIT YPI Kerinci
Sekretaris Sidang, Ketua
Sidang,
Drs.
H. Martias
Penguji I Pembimbing I
Drs. Drs. H. Martias
Penguji II Pembimbing II
Drs.Martunus Wahab
Mengetahui,
Ketua STIT YPI
Kerinci
Drs. H. Martias
ABSTRAK
KERJASAMA
SEKOLAH DAN KELUARGA DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN
DI
SLTP NEGERI 2 SITINJAU LAUT
Upaya yang dilakukan untuk
meningkatkan kualitas pendidikan, terus digalakkan. Karena hal ini sesuai
dengan tujuan pendidikan Nasional, dalam rangka meningkatkan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Esa, kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi peketri, memperkuat
kepribadiandan mempertebal semangat kebangssan agar dapat menumbuhkan
menusia-manusia pem-bangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta
bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Permasalahan yang dibahas dalam
skripsi ini adalah tentang kerjasama sekolah dan keluarga dalam upaya
meningkatkan kualitas pendidikan di SLTP Negeri 2 Sitinjau Laut.
Yang menjadi rumusan masalah adalah :
a. Bagaimana
partisipasi keluarga dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SLTP Negeri 2
Sitinjau Laut.
b. Faktor-faktor apa
saja yang menunjang dan yang menghambat hubungan sekolah dan keluarga di SLTP
Negeri 2 Sitinjau Laut.
c. Bagaimana
bentuk-bentuk penerapan hubungan kerjasama sekolah dan keluarga dalam
meningkatkan kualitas pendidikan di SLTP Negeri 2 Sitinjau Laut.
Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode riset lapangan (Field research).
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan
kualitas proses belajar dan mutu hasil belajar siswa Sekolah Menengah Tingkat
Pertama (SLTP) Negeri 2 Sitinjau Laut adalah :
1. Atas partisipasi keluarga dan sekolah serta
masyarakat terhadap peningakatan mutu pendidikan SLTPN 2 Sitinjau Laut yang
selalu menjalin kerjasama dengan baik dan saling membantu dalam usaha memenuhi
kebutuhan dan membantu kesulitan yang dihadapi anak dalam kegiatan belajar
mengajar, baik melalui usaha guru-guru di sekolah maupun orang tua di rumah.
2. Diantara
faktor-faktor yang menunjang adanya hubungan kerjasama antara keluarga dan
sekolah adalah :
a. Sarana Pendidikan
- Faktor tanggung jawab
orang tua terhadap pendidikan anaknya.
c. Kehidupan sosial
masyarakat.
3. Penerapan hubungan kerjasama
keluarga dan sekolah dalam rangka
usaha meningkatkan mutu pendidikan di SLTPN 2
Sitinjau
Laut, dapat dilihat berupa :
Adanya bentuk penyusunan kurikulum
di SLTPN 2 Sitinjau Laut, administrasi kurikulum dan hasil yang dicapai adanya pengadaan buku-bukku,
membantu penyelesaian masalah yang dihadapi sekolah dan lain-lain.
Demkianlah, bentuk kerjasama yang
dilakukan oleh pihak sekolah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas
pendidikan di SLTP Negeri 2 Sitinjau Laut
diharapkan kualitas pendidikan dapat lebih meningkat lagi di masa-masa
yang akan datang.
Akhirnya ucapan
terima kasih yang tidak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu
penulis dalam menyelesaikan skripsi ini, semoga bantuan yang telah diberikan
itu menjadi amal ibadah dan diberikan pahala yang setimpal di sisi Allah SWT.
W
a s s a l a m
P
e n u l i s,
MUJAHIDIN
BP.98.250
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah.
Puji dan syukur yang tiada terhingga penulis panjatkan kehadirat Allah SWT
akhirnya penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul :“ KERJASAMA
SEKOLAH DAN KELUARGA DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SLTP NEGERI
2 SITINJAU LAUT”, diantara waktu-waktu yang harus dibagi dengan beberapa
aktivitas lainnya.
Penulisan skripsi ini penulis lakukan dengan sangat
hati-hati serta membutuhkan penelitian yang lama dan serius, mengingat yang
dibahas adalah faktor yang mempengaruhi proses belajar dan mutu hasil belajar.
Penulis menyadari, kalau skripsi ini masih terdapat
kekurangan-kekurangan yang masih jauh dari kesempurnaan. Namun tetap merupakan
kesuksesan bagi penulis dapat menyelesaikannya.
Kesuksesan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini tidak
terlepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu penulis mengatur terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada pihak yang telah membantu, terutama kepada :
1. Yang terhormat Ketua
dan Pembatu Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) YPI Kerinci.
2. Yang terhormat Bapak
Drs. H. Martias sebagai pembimbing I dan Bapak Drs. Martunus Wahab sebagai
pembimbing II yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
3. Yang mulia Ayah dan
Ibunda, Isteri tercinta serta ananda yang selalu memberikan dorongan dan do’a
restu dalam menyelesaikan skripsi ini.
4. Yang terhormat
Kepala Urusan Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) YPI Kerinci,
yang telah memberi kemudahan bagi penulis dalam peminjaman buku-buku sebagai
referensi skripsi ini.
5. Yang terhormat Bapak
Kepala SLTP Negri 2 Sitinjau Laut beserta segenap majelis guru, pegawai tata
usaha dan seluruh siswa, yang telah
melayani penulis dalam melakukan penelitian.
6. Tidak lupa kepada
teman-teman yang telah memberikan supor kepada penulis untuk menyelesaikan
skripsi ini.
Semoga
bantuan yang telah diberikan itu menjadi amal ibadah dan bernilai amal shaleh
di sisi Allah SWT. Amin ya Rabbal ‘alamin. Jika ada kebenaran dalam skripsi
ini, berarti semata-mata dari Allah SWT dan berkat bantuan dari semua pihak
yang terlibat langsung dalam penulisan skripsi ini. Jika terdapat
kesalahan itu adalah merupakan kelemahan
dari penulis sebagai umat manusia biasa.
Sungai Penuh, 30 November 2002
P
e n u l i s,
MUJAHIDIN
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL……………………………………………………… i
HALAMAN
JUDUL……………………………………………………….. ii
NOTA DINAS
……………………………………………………………… iii
HALAMAN
PENGESAHAN……………………………………………… iv
KATA
PENGANTAR…………………………………………………….… vii
DAFTAR ISI………………………………………………………………… ix
DAFTAR
TABEL…………………………………………………………… xi
BAB I.
PENDAHULUAN
B. Rumusan dan Batasan Masalah
………………………… 6
C. Definisi Operasional
………………………………………… 6
D. Tinjauan Kepustakaan
……………………………………. 8
E. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
………………………… 10
G. Perumusan Hipotesis
………………………………………. 15 H. Sistematika Penulisan
..…………………………………… 16
BAB II. LANDASAN TEORITIS
A. Pengertian
Pendidikan……………………………………… 18
B.
Faktor-faktor Pendidikan …………………………………
22
C. Pendidikan di Rumah
Tangga……………………………. 33
B Struktur Organisasi SLTP Negeri 2
Sitinjau Laut....…… 45
D. Keadaan Sarana dan
Prasarana…………………………… 52
BAB. IV HUBUNGAN KELUARGA DAN
SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SLTPN 2 SITINJAU LAUT
A. Partisipasi Keluarga dalam Meningkatkan
Kualitas Pendidikan……………………………………………………....
57
B. Faktor-faktor Yang Menunjang
dan Yang Menghambat Hubungan Keluarga dan Sekolah…………………………. 62
C. Penerapan Hubungan Keluarga dan
Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan………………………… 72
BAB V. PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………… 77
B. Saran-saran
…………………………………………………. 78
DAFTAR
PUSTAKA ……………………………………………………… 80
LAMPIRAN-LAMPIRAN
………………………………………………… 81
BIODATA
PENULIS……………………………………………………… 82
DAFTAR TABEL
1.
Keadaan Guru
SLTP Negeri 2
Sitinjau Laut
Tahun Pelajaran 2001/2002
……………………………………..… 49
2.
Data
Perkembangan Siswa SLTPN 2 Sitinjau Laut Tahun Pelajaran
2001/2002……………………………………………… … 50
3.
Keadaan
Tata Usaha SLTPN 2 Sitinjau Laut Tahun 2001/2002……………………………………………………………… 51
4.
Keadaan
Prasarana SLTPN 2 Sitinjau Laut Tahun 2001/2002……………………………………………………………… 52
5.
Keadaan Sarana SLTPN 2 Sitinjau Laut Tahun
2001/2002.. 54
6. Tanggapan Keluarga Daslam Membantu Kesulitan
Belajar Anak ………………………………………………………… 60
7. Usaha Keluarga Dalam Membantu Cara Belajar
Anak….. … 61
8. Alasan Keluarga Bekerja Sama Dengan Sekolah
Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 2
Sitinjau Laut ……………………….. 67
9. Penerapan Hubungan
Kerjasama Keluarga dan Sekolah
Dalam
Membantu Penyelesaian Sekolah ………………………..
73
0 comments :