Monday, March 26, 2018

SOAL DAN KISI KELAS 6 BAHASA INDONESIA

OKE MHD AMIN     March 26, 2018    

Link Kumpulan Soal Penilaian Harian (PH), PAS, dan UAS Sekolah Dasar 


Kelas 1 s.d Kelas 6 Kuriklum 2013 Terbaru  Klik Link Dibawah ini :

https://www.youtube.com/channel/UC9C78_i8t3BUGo21xW0bDjw/videos

BAHASA INDONESIA
PAKET 1

NO
MATERI
INDIKATOR
SOAL
Kunci Jawaban
1
Membaca Sastra
Menentukan amanat cerita
Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal no 1-3!
Sang Perdana Menteri
Di sebuah kepulauan tropis yang hangat, hiduplah seorang Raja yang dibantu oleh Perdana Menteri yang sangat optimis. Perdana Menteri ini juga selalu berpikir positif dalam melihat setiap kejadian. Oleh karena itu, Raja sering merasa jengkel karena selalu saja ia mampu menemukan sisi positif dari setiap keadaan yang dialami Raja.
Pada suatu hari, Raja dan Perdana Menteri melakukan perjalanan melintasi sebuah hutan lebat. Di tengah perjalanan, sang Raja beristirahat dan membelah buah kelapa. Ketika menikmati buah kelapa itu, sang Raja tidak engaja menggigit batok kelapa hingga giginya terlepas, ia menjerit kesakitan dan menceritakan kesialan yang dialaminya itu kepada Perdana Menteri.
Mendengar keluhan sang Raja, Perdana Menteri ini justru tersenyum. “Bukankah itu malah bagus untuk Bagunda?” kata Perdana Menteri.
“Apa kamu bilang, kenapa kamu bisa berkata seperti itu?” tanya sang Raja keheranan.
“Sebab itu tanda keberuntungan untuk Baginda. Baginda masih dapat merasakan sakit,” ujar Perdana Menteri.

1. Amanat yang dapat dipetik dari cerita tersebut adalah ....
A. Jangan mudah percaya kepada Perdana Menteri.
B. Hadapilah masalah tanpa harus merepotkan orang lain.
C. Berpikirlah positif setiap menghadapi masalah.
D. Jangan menjadi Raja yang kejam.


















C
2
Membaca Sastra
Menentukan latar cerita
2. Latar tempat cerita tersebut adalah ....
A. Padang pasir
B. Kerajaan
C. Hutan
D. Desa


C
3
Membaca Sastra
Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
3. Sifat tokoh Perdana Menteri dalam cerita tersebut adalah ....
A. Sabar dan tabah
B. Selalu berpikir positif
C. Mudah terhasut dan pemarah
D. Tidak sabar dan mudah marah

B
4
Membaca Sastra
Menentukan tema cerita
Bacalah kutipan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 4-6!
Diko menghitung keuntungan hasil berjualan kue yang selama ini ia kumpulkan dengan cermat. Diko hendak menggunakan uang tersebut untuk membayar cicilan wisata ke Bali. Hari ini adalah hari terakhir pembayaran wisata ke Bali. Lalu, Diko memanggil ibunya. Ibu Diko menjawab panggilan Diko dengan suara yang lirih. Ternyata ibu Diko sakit. Diko khawatir dengan keaadaan ibunya. Diko merasa bersalah. Ibu Diko sakit karena kelelahan setiap pagi membuat kue untuk dijual Diko ke sekolah.
Kalau saja aku tak memaksakan diri ikut ke Bali, tentu ibu tak akan kelelahan hingga sakit seperti ini”, sesal Diko.
Diko pun akhirnya berangkat sekolah setelah selesai menyuapi ibunya. Di sekolah, Diko menimbang-nimbangakan menggunakan uang tersebut untuk membayar wisata ke Bali atau membawa ibunya berobat. Akhirnya, Diko mengurungkan niatnya untuk berwisata ke Bali. Diko lebih ingin melihat ibunya sehat. Ibu sangat berharga bagi Diko.

4. Tema cerita tersebut adalah ....
A. Pengorbanan
B. Perjuangan
C. Keberanian
D. Kerja sama


5
Membaca Sastra
Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
5. Maksud pernyataan yang dicetak miring pada cerita tersebut adalah ....
A.       Diko menyesal karena sakitnya ibu disebabkan kelelahan membuat kue untuk dijual agar Diko bisa ikut wisata ke Bali.
B.        Diko merasa bersalah karena tidak dapat merawat ibu yang sedang sakit akibat kelelahan membuat kue
C.        Diko sedih ibunya sakit akibat kelelahan membuat kue untuk dijual Diko
D.       Diko tidak ingin membuat ibunya sakit karena kelelahan membuat kue


6
Membaca Sastra
Menentukan keteladanan tokoh
6. Keteladanan yang ditunjukkan oleh Diko adalah ....
A. Diko mengorbankan uang untuk wisata ke Bali demi mengajak ibu berobat.
B. Diko bekerja keras mengumpulkan uang untuk mengikuti wisata ke Bali.
C. Diko memberikan perhatian dengan cara merawat ibu yang sakit.
D. Diko berani mengurungkan niatnya untuk wisata ke Bali.



























PAKET 2

NO
MATERI
INDIKATOR
SOAL
Kunci Jawaban
1
Membaca Sastra
Menentukan amanat cerita
Bacalah kutipan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 1-3!

Seorang ayah memberikan sekantong paku kepada anaknya yang suka marah seraya berkata, “Palulah paku ini setiap kali engkau emosi dan amat marah!”. Pada hari pertama saat si anak marah, ia memalu 37 paku pada tembok. Pada pekan berikutnya, si anak merasa lelah memalu paku banyak-banyak. Ia pun mulai menahan diri agar tidak marah dan memalu lagi. Jumlah paku yan dipalu setiap hari semakin berkurang. Dari peristiwa itu, si anak belajar mengendalikan emosi. Ia merasa tidak perlu menyia-nyiakan tenaga untuk melampiaskan amarah.

1. Amanat yang terkandung dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Jangan suka marah kepada ayah
B. Kita harus mengontrol diri dan emosi
C. Jangan merusak tembok dengan paku
D. Lampiaskan amarah dengan memaku tembok rumah











B
2
Membaca Sastra
Menentukan latar cerita
2. Latar tempat pada teks tersebut adalah ....
A. Kamar
B. Taman
C. Sekolah
D. Perpustakaan

A
3
Membaca Sastra
Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
3. Sifat tokoh anak dalam kutipan cerita tersebut adalah....
A. Sopan
B. Tenang
C. Pemarah
D. Pembangkang



C
4
Membaca Sastra
Menentukan tema cerita
Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!

Citra Sang Pembuat Kue
Citra bekerja di toko kue yang cukup terkenal. Citra adalah pekerja yang rajin. Citra selalu datang tepat waktu dan melakukan pekerjaan dengan penuh semangat. Citra sangat senang ketika melayani pengunjung yang datang. Pengunjung juga suka dengan sikap Citra yang ramah. Citra senang melihat anak-anak yang wajahnya ceria saat membeli kue di toko itu. Oleh karena itu, Citra bercita-cita ingin memiliki toko kue sendiri.
Di toko donat itu, Citra belajar membuat kue. Citra sesekali juga mencoba resep-resep baru yang dikreasikannya sendiri. Citra selalu meminta pendapat Bu Kila, sang pemilik toko untuk mencicipi kue buatan Citra. Bu Kila selalu suka mencicipi kue buatan Citra. Kue buatan Citra sangat lezat. Bu Kila pun akhirnya menjual kue buatan Citra di tokonya. Banyak anak-anak yang suka dengan kue Citra. Citra sangat senang melihat keceriaan orang-orang yang membeli kuenya.

4. Tema cerita di atas adalah ....
A. Keceriaan Citra
B. Kegigihan Citra
C. Pengorbanan Citra
D. Tanggung jawab Citra
















B
5
Membaca Sastra
Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
5. Maksud pernyataan yang bercetak tebal pada ceita di atas adalah ....
A. Citra ingin membuat toko kue sendiri karena anak-anak selalu ceria saat memakan kue
B.  Citra ingin membuat semua anak ceria dengan membuat kue yang lezat dan banyak.
C.  Citra suka sekali membuat kue untuk anak-anak di sekitar toko tempatnya bekerja,
D. Citra ingin memberikan semua kue di toko itu untuk anak-anak agar mereka selalu ceria

A
6
Membaca Sastra
Menentukan keteladanan tokoh
Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan mahasiswa kedokteran dimana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.

6. Sifat yang diteladani dari tokoh di atas adalah ....
A. Tinggi hati dan ramah
B. Rendah hati dan ramah
C. Sombong dan rendah hati
D. Tinggi hati dan sombong









B






















PAKET 3

NO
MATERI
INDIKATOR
SOAL
KET
1
Membaca Sastra
Menentukan amanat cerita
Bacalah kutipan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 1-3!

Dahulu, di daerah Timor ada kerajaan besar yang diperintah seorang raja muda. Raja Muda itu belum menikah. Beliau gemar memancing. Suatu hari, beliau memancing dan pancingnya tersangkut rambut panjang seorang putri cantik.
Putri cantik dibawa ke istana, kemudian mereka menikah. Semua rakyat gembira, kecuali Dayang Ipu. Ia iri dan ingin menyingkirkan sang putri. Niat buruk didengar Peri Laut. Lalu Peri Laut membujuk Dayang Ipu agar mau diubah menjadi putri, tetapi bersyarat. Syaratnya mengorbankan sesekor kerbau putih setiap bulan purnama.
..................................

1. Amanat cerita di atas adalah ....
A. Pandailah memancing ikan di laut
B. Tidak boeh iri hati kepada orang lain
C. Rakyat gembira karena putri yang cantik
D. Niat buruk dapat dilaksanakan













B
2
Membaca Sastra
Menentukan latar cerita
2. Latar cerita di atas adalah ....
A. Sungai
B. Laut
C. Kerajaan
D. Rumah

C
3
Membaca Sastra
Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
3. Sifat Raja Muda pada cerita di atas adalah ....
A. Serakah
B. Rendah hati
C. Lurus hati
D. Pembohong

B
4
Membaca Sastra
Menentukan tema cerita
4.      Di daerah Sumatera, gajah-gajah terancam punah karena kebutuhan hidup untuk satu ekor gajah saja diperlukan biaya yang sangat mahal. Oleh karena itu, petugas bekerja sama dengan pemerintah setempat menyelamatkannya. Kegiatan yang dilakukan baru tahap menghalau dan menggiringnya ke Hutan Lindung Teso Nelo agar gajah-gajah tersebut tida merusak kebun kelapa sawit.

Tema cerita tersebut adalah ....
A. Gajah Sumatera hampir punah
B. Hutan Lindung Teso Nelo
C. Di daerah Sumatera banyak gajah-gajah
D. Petugas bekerja sama dengan pemerintah
A
5
Membaca Sastra
Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
5.     Nenek membacakan dongeng untuk cucu-cucunya dengan cerita yang sangat menarik. Cucu-cucu nenek sangat senang. Saat menjelang jam tidur, mereka bergegas ke kamar dan bersiap mendengarkan dongeng nenek. Dongeng kancil adalah dongeng favorit cucu-cucu nenek. Saat mendongeng, nenek suka menirukan gerak-gerik kancil dan hewan-hewan lain dalam dongeng. Jika cucu-cucu nenek tidak segera tidur setelah didongengi, maka nenek mendendangkan lagu pengantar tidur.
Maksud kalimat bercetak tebal adalah ....
A. Cucu-cucu nenek merasa senang mendengar dongeng kancil.
B. Cucu-cucu nenek ikut memeragakan gerak gerik kancil dalam dongeng.
C. Nenek orang yang kreatif dan menyenangkan, sehingga ia disayangi oleh cucu-cucunya.
D. Nenek mendongeng sambil memeragakan gerak hewan-hewan dalam dongeng agar lebih menarik.

D
6
Membaca Sastra
Menentukan keteladanan tokoh
Gagasan Muhammad Yamin mengenai pentingnya mempersatukan bangsa dengan cara menyatukan bahasa, patut diacungkan jempol. Dengan usianya yang masih muda belia itu, Muhammad Yamin sudah memiliki rasa (patriotik) kebangsaan yang tinggi. Peran Muhammad Yamin dalam mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia dan memajukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, diakui oleh pakar sejarah. Hampir semua buku sejarah menyinggung Muhammad Yamin sebagai pencetus gagasan diselenggarakannya Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 itu, yang menghasilkan tiga butir Sumpah Pemuda yang salah satu isinya berbunyi menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

6. Keteladanan tokoh Muhammad Yamin yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Muhammad Yamin salah seorang pejuang bangsa Indonesia
B. Pencetus ide persatuan bangsa dengan mempersatukan bahasa di Nusantara
C. Seorang pemuda patriotik sejati yang patut ditiru kaum muda zaman sekarang
D. Ketua IndonesiaMuda (1928), anggota Partindo, dan anggota volksraad.
C



0 comments :

About us

Common

Category

FAQ's

Category

FAQ's

© 2011-2014 Guru Sekolah Dasar. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .