Media Pembelajaran dan Kumpulan Soal Penilaian Harian (PH), PAS, dan UAS Sekolah Dasar
Kelas 1 s.d Kelas 6 Kuriklum 2013 Terbaru Klik Link Dibawah ini :
https://www.youtube.com/channel/UC9C78_i8t3BUGo21xW0bDjw/videos
PEMERINTAH KOTA SUNGAI PENUH
DINAS PENDIDIKAN
SDN NO.059/XI KOTO PUDUNG
KECAMATAN TANAH KAMPUNG
Alamat : Koto Pudung Email : kotopudng123@gmail.com
Nomor : 029 / / SD 059/2018
Lampiran : 1 (satu) eksemplar
Hal : Permohonan Bantuan Pembangunan Pagar Sekolah
Kepada Yth,
Bapak Kepala Dinas Pendidikan
Kota Sungai Penuh
Di
Sungai Penuh
Dalam rangka usaha Peningkatan Mutu Pendidikan, maka tak lepas dari komponen pendukung pendidikan itu sendiri, salah satu komponen pendidikan tersebut adalah sarana dan prasarana, Sarana prasarana yang dimaksud disini tentu sarana prasarana yang memadai. Di SDN No.059/XI Koto Pudung sudah terdapat prasarana seperti gedung sekolah yang terdiri beberapa ruang kelas, kantor dan pustaka yang terletak berdampingan dengan sungai koto pudung, tapi sayangnya bangunan sekolah tersebut belum memiliki pagar yang memadai, sehingga mengakibatkan banjir bandang dari tekanan air hujan yang lebat sehingga air sungai meluap. Hal ini sangat meresahkan dan mempengaruhi sistem pendidikan, terutama dalam tingkatan kenyamanan dan ketenangan pelaku pendidikan untuk melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar di SDN No. 059/XI Koto Pudung. Maka dalam hal ini untuk mengatasinya berdasarkan hasil musyawarah majelis guru beserta komite SDN No.059/XI Koto Pudung memberikan solusi, salah satu jalan keluarnya adalah bantuan pemerintah terkait dengan standar pendidikan yang berkaitan dengan standar sarana prasarana yang ditetapkan pada PP No.19 tahun 2005 dan diteruskan UU Nomor 24 tahun 2007 berkaitan dengan bencana, mohon bantuan pagar sekolah yang representantif agar proses pendidikan bisa berjalan efektif dan efesien tentunya. Dalam hal ini, Bersama ini kami lampirkan :
1. Profil Sekolah Tahun Pelajaran 2017/2018
2. Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan.
3. Foto Copy SK Pengangkatan Kepala Sekolah dari Pejabat yang berwenang.
4. Foto Copy Rekening Bank.
Demikianlah permohonan ini kami ajukan kepada Bapak, semoga permohonan ini dapat dikabulkan. Atas bantuan dan perhatian dari Bapak kami ucapkan terima kasih.
Koto Pudung, April 2018
Kepala Sekolah
ELMIATI,S.Pd
PEMERINTAH KOTA SUNGAI PENUH
DINAS PENDIDIKAN
SDN NO.059/XI KOTO PUDUNG
KECAMATAN TANAH KAMPUNG
Alamat : Koto Pudung Email : kotopudng123@gmail.com
A. Latar Belakang
Pelaksanaan pendidikan nasional harus menjamin pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di tengah perubahan global agar warga Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam pergaulan nasional maupun internasional. Untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan tersebut, Pemerintah telah mengamanatkan penyusunan delapan standar nasional pendidikan sebagaimana diatur dalam PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimum tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sistem pendidikan yang kita bangun selama ini harus dapat menjamin pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efesien manajemen pendidikan untuk dapat menghadapi tantangan sesuai tuntutan perubahan kehidupan lokal. nasional serta global sehingga perlu dilakukan perubahan dan pembaruan pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Disamping itu, mempersiapkan pendidikan berbasis tekhnologi mutlak menjadi faktor kebutuhan bagi anak-anak bangsa di era global sekarang ini.
Pendidikan merupakan lembaga yang dapat membantu siswa dalam membentuk kepribadian serta bakat yang positif. Disamping itu lembaga pendidikan juga merupakan wadah untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Lingkungan sekolah dapat memproses pembentukan kepribadian anak secara langsung dan wadah yang sangat efektif dalam mempengaruhi kepribadian siswa itu sendiri. Upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan pemberdayaan sekolah dalam mengelola institusinya, telah dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak lama. Sebelum diberlakukan otonomi daerah, sekolah telah diperkenalkan program pemberdayaan sekolah melalui pengembangan sekolah seutuhnya (Integrated School Development).
Sudah menjadi komitmen bersama bangsa Indonesia bahwa pengembangan sumber daya manusia menjadi prioritas dan tanggungjawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua. Sinergitas antara ketiganya memberikan dampak pada keberhasilan pembangunan pendidikan yang dapat dirasakan orang tua melalui jalur-jalur yang sudah berjalan selama ini, misalnya melalui sumbangan pendidikan dan orang tua atau bentuk – bentuk lain. Peran pemerintah sangat dominan baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.
Pembangunan pendidikan yang diprogramkan oleh pemerintah dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah hibah langsung ke sekolah (Block Grant/subsidi) sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah (school based management). Bantuan Dana Block Grant merupakan bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah dalam rangka peningkatan proses belajar mengajar yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
Dengan adanya peningkatan anggaran pendidikan yang dikeluarkan pemerintah diharapkan akan mempertajam usaha – usaha peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Seperti pengadaan sarana dan prasarana pendidikan sehingga Tujuan Pendidikan yang termaktub pada rumusan Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 yaitu meningkatkan kecerdasan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut dapat tercapai.
Disamping itu lembaga pendidikan pada tingkat sekolah menengah berkewajiban untuk memberikan skill / keterampilan peserta didik, sehingga mampu menyiapkan output yang akan bersaing pada dunia globalisasi dan penuh kompetensi era sekarang. Untuk itu peningkatan mutu pendidikan merupakan hal mutlak yang perlu dan harus dilakukan.
Berangkat dari paparan tersebut di atas maka SDN No.059/XI Koto Pudung Kecamatan Tanah Kampung mengajukan proposal permohonan bantuan dana pengadaan sarana dan prasarana sekolah (pembangunan pagar sekolah) kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh melalui pemberian bantuan dana APBD-P untuk tahun anggaran 2018
B. Tujuan Kegiatan
1. Meningkatkan kebersihan sekolah dari banjir bandang, akibat luapan sungai koto pudung di belakang sekolah.
2. Meningkatkan kedisplinan peserta didik dan guru yang sangat diperlukan di sekolah.
3. Meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.
4. Membantu sekolah dalam mengontrol aktivitas peserta didik.
5. Meningkatkan mutu pendidikan di SDN No.059/XI Koto Pudung Kecamatan Tanah Kampung.
C. Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan pembanguan pagar sekolah disesuaikan dengan tahun anggaran pada Pemerintah Kota Sungai Penuh
D. Volume dan Anggaran Dana
Terperinci pada Rencana Anggaran Biaya pada lampiran ini
E. Penutup
Demikian proposal ini kami buat dan haturkan kepada Bapak sebagai bahan pertimbangan. Mudah-mudahan permintaan kami ini dapat Bapak perhatikan, dan kami ucapkan terima kasih.
PROFIL SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
1. Identitas Sekolah
a. Nama Sekolah : SDN No.059/XI Koto Pudung
b. NPSN/NSS : 10502622 / 101106105029
c. Jenjang Sekolah : SD
d. Status : Negeri
2. Lokasi Sekolah
a. Alamat Sekolah : Koto Pudung
b. RT/RW : 3/0
c. Nama Desa : Koto Puudng
d. Kode Pos : 37111
e. Kecamatan : Tanah Kampung
3. Data Pelengkap Sekolah
Luas Tanah : 1305 m2
Kontak Sekolah :
4. Identitas Kepala Sekolah
a. Nama dan Gelar : ELMIATI,S.Pd
b. Pendidikan Terakhir : Sarjana ( S1)
c. Jurusan Ijazah : PGSD
d. Alamat :
5. Struktur Organisasi
6. Statistik Sekolah
a. Jumlah Siswa berdasarkan jumlah kelamin
No
Laki
Perempuan
Total
1
36
34
70
b. Jumlah Rombel
No
Nama Rombel
Jumlah Siswa
Wali Kelas
L
P
Jumlah
1
Kelas 1
Kelas 1
7
4
11
Misrawati
2
Kelas 2
Kelas 2
7
7
14
Huryati
3
Kelas 3
Kelas 3
7
8
15
Zulmi Ermiati
4
Kelas 4
Kelas 4
7
6
13
Dian Della Agnel
5
Kelas 5
Kelas 5
4
6
10
Jaka Hamdi
6
Kelas 6
Kelas 6
4
3
7
Nelvia Siska
Total
36
34
70
c. Data Sarana Sekolah
No
Jenis Sarana
Jumlah
Letak
Keterangan
1
Papan Tulis
1
Ruang kelas 2
Baik
2
Lemari / Filling Cabinet
1
Ruang kelas 2
Baik
3
Kursi Siswa
9
Ruang kelas 2
Baik
4
Tempat Sampah
1
Ruang kelas 2
Baik
5
Kursi Guru
1
Ruang kelas 2
Baik
6
Meja Siswa
9
Ruang kelas 2
Baik
7
Meja Guru
1
Ruang kelas 2
Baik
8
Lemari / Filling Cabinet
0
Ruang Kepala Sekolah
9
Meja Pimpinan
0
Ruang Kepala Sekolah
10
Kursi Pimpinan
0
Ruang Kepala Sekolah
11
Jam Dinding
0
Ruang Kepala Sekolah
12
Tempat Sampah
0
Ruang Kepala Sekolah
13
Rak Buku
0
Ruang Kepala Sekolah
14
Rak Surat Kabar
0
Ruang Kepala Sekolah
15
Meja Siswa
8
Ruang kelas 6
Baik
16
Kursi Siswa
8
Ruang kelas 6
Baik
17
Papan Tulis
1
Ruang kelas 6
Baik
18
Kursi Guru
1
Ruang kelas 6
Baik
19
Tempat Sampah
1
Ruang kelas 6
Baik
20
Lemari / Filling Cabinet
1
Ruang kelas 6
Baik
21
Meja Guru
1
Ruang kelas 6
Baik
22
Kursi Guru
1
Ruang kelas 4
Baik
23
Meja Guru
1
Ruang kelas 4
Baik
24
Meja Siswa
8
Ruang kelas 4
Baik
25
Tempat Sampah
1
Ruang kelas 4
Baik
26
Papan Tulis
1
Ruang kelas 4
Baik
27
Lemari / Filling Cabinet
1
Ruang kelas 4
Baik
28
Kursi Siswa
8
Ruang kelas 4
Baik
29
Lemari / Filling Cabinet
1
Ruang kelas 3
Baik
30
Kursi Siswa
7
Ruang kelas 3
Baik
31
Tempat Sampah
1
Ruang kelas 3
Baik
32
Papan Tulis
1
Ruang kelas 3
Baik
33
Meja Guru
1
Ruang kelas 3
Baik
34
Meja Siswa
7
Ruang kelas 3
Baik
35
Kursi Guru
1
Ruang kelas 3
Baik
36
Papan Tulis
1
Ruang kelas 5
Baik
37
Meja Siswa
8
Ruang kelas 5
Baik
38
Kursi Guru
1
Ruang kelas 5
Baik
39
Kursi Siswa
8
Ruang kelas 5
Baik
40
Lemari / Filling Cabinet
1
Ruang kelas 5
Baik
41
Meja Guru
1
Ruang kelas 5
Baik
42
Tempat Sampah
1
Ruang kelas 5
Baik
43
Jam Dinding
0
Ruang Guru
44
Lemari / Filling Cabinet
0
Ruang Guru
45
Papan pengumuman
0
Ruang Guru
46
Papan Tulis
0
Ruang Guru
47
Komputer
0
Ruang Guru
48
Printer
0
Ruang Guru
49
Tempat Sampah
0
Ruang Guru
50
Meja Guru
0
Ruang Guru
51
Kursi Guru
0
Ruang Guru
52
Kursi dan Meja Tamu
0
Ruang Guru
53
Papan Tulis
1
Ruang kelas 1
Baik
54
Kursi Siswa
13
Ruang kelas 1
Baik
55
Tempat Sampah
1
Ruang kelas 1
Baik
56
Lemari / Filling Cabinet
15
Ruang kelas 1
Baik
57
Meja Siswa
10
Ruang kelas 1
Baik
58
Meja Guru
1
Ruang kelas 1
Baik
59
Kursi Guru
1
Ruang kelas 1
Baik
60
Kursi UKS
2
Ruang Perpustakaan
Baik
61
Termometer Badan
1
Ruang Perpustakaan
Baik
62
Tempat Tidur UKS
1
Ruang Perpustakaan
Baik
63
Timbangan Badan
1
Ruang Perpustakaan
Baik
64
Meja Baca
10
Ruang Perpustakaan
Baik
65
Rak Buku
10
Ruang Perpustakaan
Baik
66
Catatan Kesehatan Siswa
0
Ruang Perpustakaan
Baik
67
Kursi Baca
10
Ruang Perpustakaan
Baik
68
Lemari UKS
1
Ruang Perpustakaan
Baik
69
Meja Guru
1
Ruang Perpustakaan
Baik
70
Perlengkapan P3K
1
Ruang Perpustakaan
Baik
71
Lemari / Filling Cabinet
1
Ruang Perpustakaan
Baik
72
Papan Tulis
1
Ruang Perpustakaan
Baik
73
Tempat Sampah
0
Ruang Perpustakaan
Baik
74
Meja UKS
1
Ruang Perpustakaan
Baik
75
Kursi Guru
1
Ruang Perpustakaan
Baik
76
Rak hasil karya peserta didik
1
Ruang Perpustakaan
Baik
Total
190
d. Jumlah Guru
- Berdasarkan Pendidikan
No.
Ijazah Tertinggi
Jumlah
1.
S1
7
2.
D2
1
3
SLTA
2
JUMLAH
10
- Guru Berdasarkan Gender
Tabel 2.3
Jumlah Guru Berdasarkan Pendidikan
No.
Ijazah Tertinggi
Jumlah
1.
Laki-laki
3
2.
Perempuan
7
JUMLAH
10
e. Jumlah Tenaga Administrasi
No.
Ijazah Tertinggi
Jumlah
1.
SD/SLTP
-
2.
SLTA
-
3.
D1/D3
-
4.
S1
1
JUMLAH
1
f. Lahan dan Bangunan
No.
Data
Jumlah
1.
Luas tanah
1.305m2
g. Jumlah Bangunan /Ruang
No.
Data
Jumlah
1.
Ruang Kelas
6 kelas
2.
Ruang kepala sekolah/guru
1 kelas
3.
Perpustakaan
1 ruang
4.
Jumlah
8 ruang
Koto Pudung, April 2018
Kepala Sekolah
ELMIATI,S.Pd
PROGRAM KERJA SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Nama Sekolah : SDN No.059/XI Koto Pudung
Status : Negeri
Kota : Sungai Penuh
Provinsi : Jambi
I. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
a. Visi Sekolah : Terwujudnya Peserta Didik Yang berimtaq dan bermoral kepada
pancasila.
b. Misi Sekolah :
1. Menumbuhkembangkan nilai-nilai pancasila dilingkungan sekolah
2. Melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif, kreatif dan menyenangkan.
3. Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler.
4. Menumbuhkan kegiatan agamis di lingkungan sekolah
c. Tujuan Sekolah :
1. Mengintegrasikan IMTAQ pada setiap mata pelajaran;
2. Mengembangkan sikap saling toleransi dalam keberagaman kepercayaan;
3. Menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme;
4. Menanamkan sikap cinta ilmu;
5. Menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar;
6. Mengembangkan kepemimpinan sekolah yang visioner dan efektif;
7. Menerapkan pengelolaan sekolah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS);
8. Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan
menyenangkan.
9. Mengembangkan sikap terbuka dan akomodatif terhadap kemajuan IPTEK.
II. Analisis SWOT
Kekuatan / Keunggulan Sekolah ( S – Strengh )
1. Motivasi serta kreatifitas guru cukup tinggi sehingga mampu mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga siswa cukup antusias dalam merespon setiap pembelajaran.
2. Hubungan antara guru dengan guru ataupun guru dengan siswa sangat kondusif, baik dalam kegiatan pembelajaran ataupun diluar kegiatan pembelajaran sehingga tumbuh kedekatan emosional antara guru dengan siswa.
3. Dalam segi pendekatan, metode yang digunakan guru bervariatif sehingga dapat mendorong siswa untuk mengembangkan diri sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
2. Kelemahan / Kekurangan Sekolah ( W – Weaknes )
1. Masih belum terfasilitasi secara maksimal terkait prasarana sekolah seperti pagar sekolah, lapangan sekolah yang becek sehingga mempengaruhi program kegiatan sekolah.
2. Terbatasnya fasilitas ruangan serta sarana prasarana dikarenakan masih dalam tahap pembangunan dan penambahan ruangan untuk mendukung pembelajaran terutama ruang kelas dan laboratorium.
3. Belum adanya dana, sarana dan prasarana seperti perangkat elektronik (komputer), buku – buku penunjang, alat – alat olahraga serta alat laboratorium.
3. Peluang / Kesempatan ( O – Opportunity )
a. Adanya dukungan yang kuat dari komite sekolah.
4. Ancaman terhadap Sekolah ( T - Treaty )
a. Gangguan keamanan sewaktu – waktu dapat terjadi
b. Rendahnya partisipasi masyarakat terhadap jalannya pendidikan di sekolah
IV. Alternatif / Langkah – langkah Pemecahan Masalah
a. Melakukan pendekatan dan kerjasama dengan komite sekolah, pemerintah
b. Mengusulkan kepada pemerintah untuk menambah guru mata pelajaran tertentu serta fasilitasi prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan.
c. Membangun komunikasi dan kerjasama dengan orang tua / wali peserta didik, masyarakat dan pihak keamanan setempat.
Koto Pudung, April 2018
Kepala Sekolah
ELMIATI,S.Pd
DENAH TANAH DAN BANGUNAN SD.059/XI KOTO PUDUNG
KECAMATAN TANAH KAMPUNG
RENCANA ANGGARAN DAN BELANJA (RAB)
PEMBANGUNAN PAGAR SMK BUDI BANGSA
(UKURAN PANJANG 150 METER DAN TINGGI 2 METER)
TAHUN ANGGARAN 2017
NO
URAIAN PEKERJAAN
VOL
SAT
HARGA SATUAN (Rp)
JUMLAH HARGA (Rp)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Jumlah
Terbilang Dua Ratus Dua Puluh Dua Juta Tiga Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Rupiah
Babana, April 2018
Kepala Sekolah
ELMIATI, S.Pd
ada file word gan?
ReplyDelete