Tuesday, April 24, 2018

PROPOSAL BANTUAN PAGAR SEKOLAH SD 059 XI KOTO PUDUNG 2018

OKE MHD AMIN     April 24, 2018    

Media Pembelajaran dan  Kumpulan Soal Penilaian Harian (PH), PAS, dan UAS Sekolah Dasar 

Kelas 1 s.d Kelas 6 Kuriklum 2013 Terbaru  Klik Link Dibawah ini :

https://www.youtube.com/channel/UC9C78_i8t3BUGo21xW0bDjw/videos

Wassalam RKC Channel



 

 PEMERINTAH KOTA SUNGAI PENUH

DINAS PENDIDIKAN

SDN NO.059/XI KOTO PUDUNG

KECAMATAN TANAH KAMPUNG

Alamat : Koto Pudung Email : kotopudng123@gmail.com




Nomor : 029 / / SD 059/2018

Lampiran : 1 (satu) eksemplar

Hal : Permohonan Bantuan Pembangunan Pagar Sekolah



Kepada Yth,

Bapak Kepala Dinas Pendidikan

Kota Sungai Penuh

Di

Sungai Penuh



Dalam rangka usaha Peningkatan Mutu Pendidikan, maka tak lepas dari komponen pendukung pendidikan itu sendiri, salah satu komponen pendidikan tersebut adalah sarana dan prasarana, Sarana prasarana yang dimaksud disini tentu sarana prasarana yang memadai. Di SDN No.059/XI Koto Pudung sudah terdapat prasarana seperti gedung sekolah yang terdiri beberapa ruang kelas, kantor dan pustaka yang terletak berdampingan dengan sungai koto pudung, tapi sayangnya bangunan sekolah tersebut belum memiliki pagar yang memadai, sehingga mengakibatkan banjir bandang dari tekanan air hujan yang lebat sehingga air sungai meluap. Hal ini sangat meresahkan dan mempengaruhi sistem pendidikan, terutama dalam tingkatan kenyamanan dan ketenangan pelaku pendidikan untuk melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar di SDN No. 059/XI Koto Pudung. Maka dalam hal ini untuk mengatasinya berdasarkan hasil musyawarah majelis guru beserta komite SDN No.059/XI Koto Pudung memberikan solusi, salah satu jalan keluarnya adalah bantuan pemerintah terkait dengan standar pendidikan yang berkaitan dengan standar sarana prasarana yang ditetapkan pada PP No.19 tahun 2005 dan diteruskan UU Nomor 24 tahun 2007 berkaitan dengan bencana, mohon bantuan pagar sekolah yang representantif agar proses pendidikan bisa berjalan efektif dan efesien tentunya. Dalam hal ini, Bersama ini kami lampirkan :



1. Profil Sekolah Tahun Pelajaran 2017/2018

2. Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibutuhkan.

3. Foto Copy SK Pengangkatan Kepala Sekolah dari Pejabat yang berwenang.

4. Foto Copy Rekening Bank.



Demikianlah permohonan ini kami ajukan kepada Bapak, semoga permohonan ini dapat dikabulkan. Atas bantuan dan perhatian dari Bapak kami ucapkan terima kasih.





Koto Pudung, April 2018

Kepala Sekolah







ELMIATI,S.Pd




PEMERINTAH KOTA SUNGAI PENUH

DINAS PENDIDIKAN

SDN NO.059/XI KOTO PUDUNG

KECAMATAN TANAH KAMPUNG

Alamat : Koto Pudung Email : kotopudng123@gmail.com






A. Latar Belakang

Pelaksanaan pendidikan nasional harus menjamin pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di tengah perubahan global agar warga Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam pergaulan nasional maupun internasional. Untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan tersebut, Pemerintah telah mengamanatkan penyusunan delapan standar nasional pendidikan sebagaimana diatur dalam PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimum tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sistem pendidikan yang kita bangun selama ini harus dapat menjamin pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efesien manajemen pendidikan untuk dapat menghadapi tantangan sesuai tuntutan perubahan kehidupan lokal. nasional serta global sehingga perlu dilakukan perubahan dan pembaruan pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Disamping itu, mempersiapkan pendidikan berbasis tekhnologi mutlak menjadi faktor kebutuhan bagi anak-anak bangsa di era global sekarang ini.

Pendidikan merupakan lembaga yang dapat membantu siswa dalam membentuk kepribadian serta bakat yang positif. Disamping itu lembaga pendidikan juga merupakan wadah untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Lingkungan sekolah dapat memproses pembentukan kepribadian anak secara langsung dan wadah yang sangat efektif dalam mempengaruhi kepribadian siswa itu sendiri. Upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan pemberdayaan sekolah dalam mengelola institusinya, telah dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak lama. Sebelum diberlakukan otonomi daerah, sekolah telah diperkenalkan program pemberdayaan sekolah melalui pengembangan sekolah seutuhnya (Integrated School Development).

Sudah menjadi komitmen bersama bangsa Indonesia bahwa pengembangan sumber daya manusia menjadi prioritas dan tanggungjawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan orang tua. Sinergitas antara ketiganya memberikan dampak pada keberhasilan pembangunan pendidikan yang dapat dirasakan orang tua melalui jalur-jalur yang sudah berjalan selama ini, misalnya melalui sumbangan pendidikan dan orang tua atau bentuk – bentuk lain. Peran pemerintah sangat dominan baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Pembangunan pendidikan yang diprogramkan oleh pemerintah dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah hibah langsung ke sekolah (Block Grant/subsidi) sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah (school based management). Bantuan Dana Block Grant merupakan bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah dalam rangka peningkatan proses belajar mengajar yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Dengan adanya peningkatan anggaran pendidikan yang dikeluarkan pemerintah diharapkan akan mempertajam usaha – usaha peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Seperti pengadaan sarana dan prasarana pendidikan sehingga Tujuan Pendidikan yang termaktub pada rumusan Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 yaitu meningkatkan kecerdasan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut dapat tercapai.

Disamping itu lembaga pendidikan pada tingkat sekolah menengah berkewajiban untuk memberikan skill / keterampilan peserta didik, sehingga mampu menyiapkan output yang akan bersaing pada dunia globalisasi dan penuh kompetensi era sekarang. Untuk itu peningkatan mutu pendidikan merupakan hal mutlak yang perlu dan harus dilakukan.

Berangkat dari paparan tersebut di atas maka SDN No.059/XI Koto Pudung Kecamatan Tanah Kampung mengajukan proposal permohonan bantuan dana pengadaan sarana dan prasarana sekolah (pembangunan pagar sekolah) kepada Pemerintah Kota Sungai Penuh melalui pemberian bantuan dana APBD-P untuk tahun anggaran 2018



B. Tujuan Kegiatan

1. Meningkatkan kebersihan sekolah dari banjir bandang, akibat luapan sungai koto pudung di belakang sekolah.

2. Meningkatkan kedisplinan peserta didik dan guru yang sangat diperlukan di sekolah.

3. Meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

4. Membantu sekolah dalam mengontrol aktivitas peserta didik.

5. Meningkatkan mutu pendidikan di SDN No.059/XI Koto Pudung Kecamatan Tanah Kampung.



C. Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan pembanguan pagar sekolah disesuaikan dengan tahun anggaran pada Pemerintah Kota Sungai Penuh



D. Volume dan Anggaran Dana

Terperinci pada Rencana Anggaran Biaya pada lampiran ini



E. Penutup

Demikian proposal ini kami buat dan haturkan kepada Bapak sebagai bahan pertimbangan. Mudah-mudahan permintaan kami ini dapat Bapak perhatikan, dan kami ucapkan terima kasih.








PROFIL SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2016/2017



1. Identitas Sekolah

a. Nama Sekolah : SDN No.059/XI Koto Pudung

b. NPSN/NSS : 10502622 / 101106105029

c. Jenjang Sekolah : SD

d. Status : Negeri



2. Lokasi Sekolah

a. Alamat Sekolah : Koto Pudung

b. RT/RW : 3/0

c. Nama Desa : Koto Puudng

d. Kode Pos : 37111

e. Kecamatan : Tanah Kampung

3. Data Pelengkap Sekolah

Luas Tanah : 1305 m2

Kontak Sekolah :

4. Identitas Kepala Sekolah

a. Nama dan Gelar : ELMIATI,S.Pd

b. Pendidikan Terakhir : Sarjana ( S1)

c. Jurusan Ijazah : PGSD

d. Alamat :



5. Struktur Organisasi




















6. Statistik Sekolah

a. Jumlah Siswa berdasarkan jumlah kelamin


No

Laki

Perempuan

Total


1

36

34

70






b. Jumlah Rombel


No

Nama Rombel



Jumlah Siswa

Wali Kelas


L

P

Jumlah


1

Kelas 1

Kelas 1

7

4

11

Misrawati


2

Kelas 2

Kelas 2

7

7

14

Huryati


3

Kelas 3

Kelas 3

7

8

15

Zulmi Ermiati


4

Kelas 4

Kelas 4

7

6

13

Dian Della Agnel


5

Kelas 5

Kelas 5

4

6

10

Jaka Hamdi


6

Kelas 6

Kelas 6

4

3

7

Nelvia Siska


Total

36

34

70




c. Data Sarana Sekolah


No

Jenis Sarana

Jumlah

Letak

Keterangan




1

Papan Tulis

1

Ruang kelas 2

Baik




2

Lemari / Filling Cabinet

1

Ruang kelas 2

Baik




3

Kursi Siswa

9

Ruang kelas 2

Baik




4

Tempat Sampah

1

Ruang kelas 2

Baik




5

Kursi Guru

1

Ruang kelas 2

Baik




6

Meja Siswa

9

Ruang kelas 2

Baik




7

Meja Guru

1

Ruang kelas 2

Baik




8

Lemari / Filling Cabinet

0

Ruang Kepala Sekolah






9

Meja Pimpinan

0

Ruang Kepala Sekolah






10

Kursi Pimpinan

0

Ruang Kepala Sekolah






11

Jam Dinding

0

Ruang Kepala Sekolah






12

Tempat Sampah

0

Ruang Kepala Sekolah






13

Rak Buku

0

Ruang Kepala Sekolah






14

Rak Surat Kabar

0

Ruang Kepala Sekolah






15

Meja Siswa

8

Ruang kelas 6

Baik




16

Kursi Siswa

8

Ruang kelas 6

Baik




17

Papan Tulis

1

Ruang kelas 6

Baik




18

Kursi Guru

1

Ruang kelas 6

Baik




19

Tempat Sampah

1

Ruang kelas 6

Baik




20

Lemari / Filling Cabinet

1

Ruang kelas 6

Baik




21

Meja Guru

1

Ruang kelas 6

Baik




22

Kursi Guru

1

Ruang kelas 4

Baik




23

Meja Guru

1

Ruang kelas 4

Baik




24

Meja Siswa

8

Ruang kelas 4

Baik




25

Tempat Sampah

1

Ruang kelas 4

Baik




26

Papan Tulis

1

Ruang kelas 4

Baik




27

Lemari / Filling Cabinet

1

Ruang kelas 4

Baik




28

Kursi Siswa

8

Ruang kelas 4

Baik




29

Lemari / Filling Cabinet

1

Ruang kelas 3

Baik




30

Kursi Siswa

7

Ruang kelas 3

Baik




31

Tempat Sampah

1

Ruang kelas 3

Baik




32

Papan Tulis

1

Ruang kelas 3

Baik




33

Meja Guru

1

Ruang kelas 3

Baik




34

Meja Siswa

7

Ruang kelas 3

Baik




35

Kursi Guru

1

Ruang kelas 3

Baik




36

Papan Tulis

1

Ruang kelas 5

Baik




37

Meja Siswa

8

Ruang kelas 5

Baik




38

Kursi Guru

1

Ruang kelas 5

Baik




39

Kursi Siswa

8

Ruang kelas 5

Baik




40

Lemari / Filling Cabinet

1

Ruang kelas 5

Baik




41

Meja Guru

1

Ruang kelas 5

Baik




42

Tempat Sampah

1

Ruang kelas 5

Baik




43

Jam Dinding

0

Ruang Guru






44

Lemari / Filling Cabinet

0

Ruang Guru






45

Papan pengumuman

0

Ruang Guru






46

Papan Tulis

0

Ruang Guru






47

Komputer

0

Ruang Guru






48

Printer

0

Ruang Guru






49

Tempat Sampah

0

Ruang Guru






50

Meja Guru

0

Ruang Guru






51

Kursi Guru

0

Ruang Guru






52

Kursi dan Meja Tamu

0

Ruang Guru






53

Papan Tulis

1

Ruang kelas 1

Baik




54

Kursi Siswa

13

Ruang kelas 1

Baik




55

Tempat Sampah

1

Ruang kelas 1

Baik




56

Lemari / Filling Cabinet

15

Ruang kelas 1

Baik




57

Meja Siswa

10

Ruang kelas 1

Baik




58

Meja Guru

1

Ruang kelas 1

Baik




59

Kursi Guru

1

Ruang kelas 1

Baik




60

Kursi UKS

2

Ruang Perpustakaan

Baik




61

Termometer Badan

1

Ruang Perpustakaan

Baik




62

Tempat Tidur UKS

1

Ruang Perpustakaan

Baik




63

Timbangan Badan

1

Ruang Perpustakaan

Baik




64

Meja Baca

10

Ruang Perpustakaan

Baik




65

Rak Buku

10

Ruang Perpustakaan

Baik




66

Catatan Kesehatan Siswa

0

Ruang Perpustakaan

Baik




67

Kursi Baca

10

Ruang Perpustakaan

Baik




68

Lemari UKS

1

Ruang Perpustakaan

Baik




69

Meja Guru

1

Ruang Perpustakaan

Baik




70

Perlengkapan P3K

1

Ruang Perpustakaan

Baik




71

Lemari / Filling Cabinet

1

Ruang Perpustakaan

Baik




72

Papan Tulis

1

Ruang Perpustakaan

Baik




73

Tempat Sampah

0

Ruang Perpustakaan

Baik




74

Meja UKS

1

Ruang Perpustakaan

Baik




75

Kursi Guru

1

Ruang Perpustakaan

Baik




76

Rak hasil karya peserta didik

1

Ruang Perpustakaan

Baik




Total

190





d. Jumlah Guru

- Berdasarkan Pendidikan





No.

Ijazah Tertinggi

Jumlah


1.

S1

7


2.

D2

1


3

SLTA

2


JUMLAH

10




- Guru Berdasarkan Gender

Tabel 2.3

Jumlah Guru Berdasarkan Pendidikan



No.

Ijazah Tertinggi

Jumlah


1.

Laki-laki

3


2.

Perempuan

7


JUMLAH

10




e. Jumlah Tenaga Administrasi



No.

Ijazah Tertinggi

Jumlah


1.

SD/SLTP

-


2.

SLTA

-


3.

D1/D3

-


4.

S1

1


JUMLAH

1




f. Lahan dan Bangunan





No.

Data

Jumlah


1.

Luas tanah

1.305m2






g. Jumlah Bangunan /Ruang




No.

Data

Jumlah


1.

Ruang Kelas

6 kelas


2.

Ruang kepala sekolah/guru

1 kelas


3.

Perpustakaan

1 ruang


4.

Jumlah

8 ruang








Koto Pudung, April 2018

Kepala Sekolah







ELMIATI,S.Pd










PROGRAM KERJA SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2018/2019



Nama Sekolah : SDN No.059/XI Koto Pudung

Status : Negeri

Kota : Sungai Penuh

Provinsi : Jambi



I. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

a. Visi Sekolah : Terwujudnya Peserta Didik Yang berimtaq dan bermoral kepada

pancasila.

b. Misi Sekolah :

1. Menumbuhkembangkan nilai-nilai pancasila dilingkungan sekolah

2. Melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif, kreatif dan menyenangkan.

3. Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler.

4. Menumbuhkan kegiatan agamis di lingkungan sekolah



c. Tujuan Sekolah :

1. Mengintegrasikan IMTAQ pada setiap mata pelajaran;

2. Mengembangkan sikap saling toleransi dalam keberagaman kepercayaan;

3. Menanamkan semangat nasionalisme dan patriotisme;

4. Menanamkan sikap cinta ilmu;

5. Menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar;

6. Mengembangkan kepemimpinan sekolah yang visioner dan efektif;

7. Menerapkan pengelolaan sekolah Manajemen Berbasis Sekolah (MBS);

8. Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan

menyenangkan.

9. Mengembangkan sikap terbuka dan akomodatif terhadap kemajuan IPTEK.



II. Analisis SWOT
Kekuatan / Keunggulan Sekolah ( S – Strengh )

1. Motivasi serta kreatifitas guru cukup tinggi sehingga mampu mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga siswa cukup antusias dalam merespon setiap pembelajaran.

2. Hubungan antara guru dengan guru ataupun guru dengan siswa sangat kondusif, baik dalam kegiatan pembelajaran ataupun diluar kegiatan pembelajaran sehingga tumbuh kedekatan emosional antara guru dengan siswa.

3. Dalam segi pendekatan, metode yang digunakan guru bervariatif sehingga dapat mendorong siswa untuk mengembangkan diri sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.









2. Kelemahan / Kekurangan Sekolah ( W – Weaknes )

1. Masih belum terfasilitasi secara maksimal terkait prasarana sekolah seperti pagar sekolah, lapangan sekolah yang becek sehingga mempengaruhi program kegiatan sekolah.

2. Terbatasnya fasilitas ruangan serta sarana prasarana dikarenakan masih dalam tahap pembangunan dan penambahan ruangan untuk mendukung pembelajaran terutama ruang kelas dan laboratorium.

3. Belum adanya dana, sarana dan prasarana seperti perangkat elektronik (komputer), buku – buku penunjang, alat – alat olahraga serta alat laboratorium.



3. Peluang / Kesempatan ( O – Opportunity )

a. Adanya dukungan yang kuat dari komite sekolah.



4. Ancaman terhadap Sekolah ( T - Treaty )

a. Gangguan keamanan sewaktu – waktu dapat terjadi

b. Rendahnya partisipasi masyarakat terhadap jalannya pendidikan di sekolah





IV. Alternatif / Langkah – langkah Pemecahan Masalah

a. Melakukan pendekatan dan kerjasama dengan komite sekolah, pemerintah

b. Mengusulkan kepada pemerintah untuk menambah guru mata pelajaran tertentu serta fasilitasi prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan.

c. Membangun komunikasi dan kerjasama dengan orang tua / wali peserta didik, masyarakat dan pihak keamanan setempat.



Koto Pudung, April 2018

Kepala Sekolah





ELMIATI,S.Pd






DENAH TANAH DAN BANGUNAN SD.059/XI KOTO PUDUNG

KECAMATAN TANAH KAMPUNG














RENCANA ANGGARAN DAN BELANJA (RAB)

PEMBANGUNAN PAGAR SMK BUDI BANGSA

(UKURAN PANJANG 150 METER DAN TINGGI 2 METER)

TAHUN ANGGARAN 2017





NO



URAIAN PEKERJAAN



VOL



SAT

HARGA SATUAN (Rp)

JUMLAH HARGA (Rp)



1












2












3












4












5












6












7












8












9












10












11












12














Jumlah






Terbilang Dua Ratus Dua Puluh Dua Juta Tiga Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Rupiah




Babana, April 2018

Kepala Sekolah





ELMIATI, S.Pd



1 comment :

About us

Common

Category

FAQ's

Category

FAQ's

© 2011-2014 Guru Sekolah Dasar. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .