Monday, September 23, 2019

CONTOH PIDATO TENTANG KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU

OKE MHD AMIN     September 23, 2019    

ASSALAMMUALAIKUM WR.......WB

Bismilahirohmanirohim, wasala tuwasala mu’ala asrofil ambiya iwal mursalin wa ala alihi washobihi ajmain, amabakdu.
Yang Terhormat bapak kepala sekolah SD 15/III tanjung pauh mudik
yang Terhormat Bapak / Ibu Majelis guru SD 15/III tanjung pauh mudik
Dan seterusnya kepada teman - teman sekalian yang berbahagia

Rasa Puji dan Syukur marilah senantiasa dipanjatkan kehadirat Allah SWT. Dengan mengucapkan Alhamdulilah. Karena rahmat Dialah kita dapat melaksanakan kegiatan ini.  Yakni rahmat kesehatan yang tak terhinggi nilainya.
Sholawat beriringan salam senantiasa kita hadiahkan buat junjungan nabi besar kita,  buah hati aminah kekasih Allah yakni baginda besar nabi Muhammad SAW, seraya kita kirim kan selawat dengan mengucapkan Sallahualai Wasalam.

Bapak Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia
Adapun judul kultum saya dalam kesempatan ini adalah “Keutamaan Menuntut Ilmu”

Kita Menyadari bahwa setiap kita ingin memiliki masa depan yang cerah, masa depan yang sukses dan masa depan yang bahagia.

Ternyata Kebahagiaan tidak seperti membalik telapak tangan yang mudah dibolak balik. Tentu butuh proses. Nah Proses yang bagaimana yang harus kita lakukan.
Seperti Allah Berfirman  Dalam Al-Qur’an :

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka” (TQS. Ar-Ra’d [13]: 11).

Pada ayat tersebut menjelaskan bahwa,  kita tidak boleh melepaskan tangan untuk mendapatkan apa yang akan kita inginkan. Keinginan  kita yang berupa kebahagian, kesuksesan dan sebagainya  itu dapat tercapai jika kita berhasil melawati proses-proses kehidupan dengan baik. Dan  proses tersebut tidak lepas dari sebuah Ilmu  yang kita miliki. Seperti Nabi Mengatakan bahwa :

Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu.Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu.Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.

Dari hadist tersebut jelaskan bahwa Ilmu ternyata salah satu jalan  untuk menuju  kebahagian dunia. akhirat adalah dengan ilmu. Ilmu itu akan kita dapati tentu melalui proses. Proses inilah yang harus kita jalani dengan baik. Salah satu bentuk proses menuntut ilmu adalah pendidikan yang kita jalani pada saat sekarang ini.  Jika pendidikan yang kita jalani ini kita isi dengan belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh tentu kita akan berilmu dan hasilnya akan Nampak  dimasa yang akan datang.

Di ibaratkan jika kita ingin memakan buah Durian tentu kita harus menanam durian
Dan jika kita kita ingin memakan buah  semangka tentu kita harus menanam  semangka
Jadi disini berlaku Hukum Tabur Tuai, apa yang kita tabur tentu itulah yang akan kita tuai nantinya.

Mungkin hanya inilah yang dapat saya sampaikan  dan sebelum saya akhiri saya ada pantun :

Buah Pisang di dalam rimba
Masak sebiji dimakan singa
Dengan ilmu hidup bahagia
Tanpa ilmu hidup binasa

Lebih dan kurang saya mohon maaf. Dan saya akhir dengan mengucapkan wabilahitaufik wal hidayah wassalamualakum Warah Matullahi wabarokatuh.








0 comments :

About us

Common

Category

FAQ's

Category

FAQ's

© 2011-2014 Guru Sekolah Dasar. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .