Pendidikan termasuk ujung tombak kemajuan suatu negara.
UUD No.20 Tahun 2003 Sisdiknas Pasal 3 Pendidikan Nasional berfungsi "mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik
agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan
menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab"
Untuk mencapai tujuan pendidikan,
Kurikulum K-13 merupakan kurikulum pengganti dari kurikulum KTSP 2006. Ranah Kurikulum K-13 lebih menekan kepada Pendidikan Karakter.
Contoh RPP K13
Kelas VI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN No.059/XI Koto Pudung
Kelas /
Semester : VI (Enam) / 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema
1 : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran : 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1Menyimpulkan
informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
|
3.1.1 Menemukan ide pokok dan informasi
penting serta menyajikannya dalam bentuk
diagram.
|
2
|
4.1Menyajikan
simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau
wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
|
4.1.1Mengembangkannya dengan menggunakan
bahasanya sendiri secara rinci
menjadi sebuah tulisan.
|
IPS
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya,
ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
|
3.1.1 Menyebutkan
kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN
terkait kondisi geografisnya
|
2
|
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial
budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
|
4.1.1Menulis laporan tentang
perbedaan sosial
budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya
|
IPA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1Membandingkan
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
|
3.1.1Mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui
gambar yang dibuatnya dan manfaatnya
|
2
|
4.1Menyajikan
karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
|
4.1.1 Melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan
manfaatnya
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca teks tentang
perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan
ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
2.
Setelah menemukan ide pokok dari
bacaan, siswa mampu mengembangkannya
dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
3.
Setelah mengamati bunga, siswa mampu
mengidentifikasi perkembangbiakan
generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
melaporkan perkembangbiakan generatif
melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
5.
Setelah membaca teks tentang ASEAN dan
kehidupan sosial budayanya, siswa
mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya
dengan benar.
6.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menulis laporan tentang perbedaan sosial
budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selamatkan
Makhluk Hidup”. Nasionalis
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
§ Guru membawa salah satu jenis tumbuhan yang sering
dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Misalnya : singkong, ubi jalar,
padi, atau yang lainnya.
§ Guru mengajukan pertanyaan, misalnya:
· Apa yang kalian ketahui tentang tanaman ini?
· Apa manfaatnya dalam kehidupanmu?
· Apa yang ingin kalian ketahui tentang tumbuhan sebagai sumber makanan?’
§ Guru kemudian menuliskan jawaban siswa di papan tulis dan menyampaikan bahwa mereka akan belajar tentang tumbuhan dan manusia. Communication
§ Guru mengajak siswa ke luar kelas untuk mengamati lingkungan dan mendiskusikan tumbuhan sebagai sahabat manusia. Siswa dapat menyampaikan manfaat tumbuhan atau interaksi mereka dengan tumbuhan. Creativity
and Innovation
§ Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§ Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan
menukarkannya dengan teman di
sebelah, menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya.
Collaboration
§ Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari
kelompok satu ke kelompok lain
untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat
mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa
yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka
melakukan diskusi di kesempatan
lain. Rubrik dapat dilihat di halaman penilaian. Collaboration
§ Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan
hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa
mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan
kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang
ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada
siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Creativity
and Innovation
Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut.
1. Hewan dan manusia memperoleh manfaat dari tumbuhan.
2. Manfaat tumbuhan bagi manusia, antara lain:
·
Sumber
energi bagi manusia.
·
Sumber
vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.
·
Sumber
oksigen untuk bernapas.
·
Pengikat
air tanah.
·
Peneduh
dan memperindah kehidupan di bumi.
3. Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi
bagi hewan.
4. Tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan manusia dan
hewan. Tumbuhan adalah produsen penghasil cadangan makanan dan
sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan
sinar matahari.
5. Beberapa hal yang akan terjadi jika tidak ada tumbuhan
adalah manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan dan bumi
akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks tentang
tanaman jagung dalam hati. Mandiri
Bagaimana
Jagung Berkembang Biak?
Jagung
merupakan salah satu
tanaman yang dijadikan bahan
makanan pokok di berbagai
tempat, juga di Indonesia.
Contohnya, penduduk Pulau
Madura menjadikan jagung sebagai
makanan pokoknya. Jagung
merupakan salah satu tanaman
penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.
Seorang petani jagung, memulai
pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat
hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus
tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat
dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya
berupa sekuntum bunga.
Bunga jagung memiliki
helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut
terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin
bertiup. Tepung sari
yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik
yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika
itulah terjadi pembuahan.
Bunga jagung
tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah
yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika
rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering.
Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang
kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia adalah biji jagung.
Petani
jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil supaya jagung
selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia.
panen. Biji
jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi
perkembangbiakan jagung.
Oleh: Nuniek
§ Setiap siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan.
§ Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan teman
kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan
jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram
dengan menggunakan kosakata baku. Collaboration
§ Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.
Communication
Diagram Venn dinilai dengan menggunakan daftar periksa
yang terdapat di halaman penilaian.
§
Siswa mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga
dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
§
Siswa mengamati proses perkembangbiakan generatif dan
manfaat dari perkembangbiakan generatif.
§
Siswa mengamati bagian–bagian bunga sempurna berikut.
§
Siswa mencari informasi dari berbagai sumber mengenai proses
perkembangbiakan generatif tumbuhan.
1. Perkembangbiakan generatif
(secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
2. Perkembangbiakan generatif
pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya
serbuk sari ke kepala putik.
3. Setelah terjadi penyerbukan,
pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji.
Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk
sari.
4. Di dalam ruang bakal biji
terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau
spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
5. Hasil dari pembuahan adalah zigot.
6.
Zigot berkembang
menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian
bakal buah berkembang menjadi daging buah.
7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.
§
Siswa mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya.
Collaboration
§
Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati
bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
§
Siswa membandingkan hasil gambarnya dengan gambar teman yang
lain.
§
untuk mencari persamaan dan perbedaannya. Jika terdapat
perbedaan, siswa diminta menjelaskan perbedaan tersebut.
§
Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan
generatif dan menyerahkannya kepada guru. Critical Thinking and Problem
Solving
§
Guru mensosialisasikan daftar periksa kepada siswa.
Diagram Venn dinilai dengan menggunakan daftar periksa
yang terdapat di halaman belakang.
§
Setelah siswa membaca teks tentang bunga yang hidup di
negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca
fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
§
Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan
kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian
diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN.
Collaboration
§
Guru memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya
Negara ASEAN.
§
Guru meminta siswa memilih dua negara ASEAN yang mereka
minati untuk ditulis. Guru menyampaikan bahwa setelah mereka belajar tentang
negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi tentang kedua negara
tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari informasi secara bertahap. Creativity
and Innovation
§
Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan
social budaya dari dua negara. Mereka dapat memasukkan informasi tentang
bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan
dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll).
Diagram Venn dinilai dengan menggunakan daftar periksa
yang terdapat di halaman penilaian.
§
Siswa melakukan refleks
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
§
Guru dapat menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan
panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Menyanyikan
lagu daerah “Ampar-Ampar Pisang”
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Tumbuhan.
F. MATERI PEMBELAJARAN
§
Menemukan informasi dan ide pokok dari
teks laporan dan mengisi peta pikiran
yang sediakan. Mengembangkan informasi dan ide pokok dalam bentuk tulisan.
§
Mengamati tanaman dengan
perkembangbiakan generative dan manfaatnya.
§
Menemukan persamaan dan perbedaan
karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial budaya
G. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
H. Penilaian
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian Ketrampilan
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
Mengetahui
Kepala Sekolah
UNGGUL TAUFIK,S.Pd
NIP. 1970 12241997031004
|
…………, ………….2019
Guru Kelas VI
MUHAMMAD AMIN,S.Pd
NIP. 19840618201001 1 014
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN NO.059/XI KOTO PUDUNG
Kelas / Semester : VI (Enam)
/ 1
Tema 1
: Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan
Sahabatku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas
nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
|
1.1.1Memahami tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan
kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
2.1 Bersikap
penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2.1.1
Melakukan dua
kegiatan yang sesuai dengan sila kesatu dan kedua
dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
3
|
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
|
3.1.1Menemukan tiga contoh pelaksanaan sila kesatu dan
kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
4.1Menyajikan hasil analisis pelaksanaan
nilai-nilaiPancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.1.1 Menerapkan dua kegiatan yang
sesuai dengan sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4
Memahami patung.
|
3.4.1 Menyebutkan berbagai patung dan cara
pembuatannya serta keterampilan
yang dibutuhkan.
|
2
|
4.4
Membuat patung.
|
4.4.1 Membuat model patung
|
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Setelah mendiskusikan cerita, siswa
mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan
sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan
sila kesatu dan kedua dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.
Setelah mengamati berbagai contoh
patung Nusantara, siswa mampu
menyebutkan berbagai patung dan cara pembuatannya serta keterampilan yang dibutuhkan.
4.
Dengan menggunakan bahan tanah liat,
lilin malam, atau adonan plastisin,
siswa mampu membuat model patung.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bagimu Negeri
(Padamu Negeri)”. Nasionalis
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selamatkan
Makhluk Hidup”. Nasionalis
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
|
10 menit
|
||||
Inti
|
§
Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan
kembali pengamalan nilai Pancasila. Nasionalis
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Ketuhanan Yang Maha Esa” sebagai
berikut.
1. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha
Esa
2. Toleransi, penghormatan kepada
agama atau kepercayaan lain
3. Kerukunan antarumat beragama
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila “Kemanusian yang adil dan beradab”
sebagai berikut.
1.
Persamaan derajat
2.
Menghargai hak asasi manusia
3.
Solidaritas setia kawan antarsesama manusia
4.
Perdamaian
§
Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan
mencocokkannya dengan nilai-nilai yang diminta. Guru memberi waktu sekitar 2
menit dan mendiskusikannya. Satu orang siswa bisa menyampaikan hasilnya dan
guru dapat memberi penguatan. Communication
§ Siswa secara individu harus menemukan
contoh pengamalan sila kesatu dan kedua dalam kehidupan sehari-hari dan
penerapannya. Mandiri
§ Guru menerangkan daftar periksa
yang akan digunakan dalam penilaian.
Tulisan siswa dinilai dengan
daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§ Guru menyampaikan bahwa hasil
karya seni rupa dari gerabah dibuat dalam berbagai bentuk. Salah satunya
adalah patung Nusantara dari tanah liat. Patung-patung tersebut sangat
diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.
Communication
§ Siswa mengamati kerajinan patung
tanah liat Nusantara dari Kasongan, Yogyakarta.
§ Siswa mendiskusikan pertanyaan
yang terdapat dalam buku siswa. Guru berkeliling untuk memastikan bahwa semua
siswa aktif.
Proses Pembuatan Patung Nusantara
dari Tanah Liat
Pembuatan patung tanah liat dapat dilakukan dengan teknik cetak tekan
maupun ukir. Untuk teknik cetak tekan dan ukir, sebaiknya menggunakan tanah
liat plastis. Jangan menggunakan tanah yang terlalu lembek karena akan
menyulitkan untuk memperoleh bentuk yang tepat, rapi, dan jelas.
Tanah liat yang terlalu lembek akan lengket pada cetakan gips sehingga
sulit diangkat dari cetakan dan sulit untuk diukir.
§ Setelah mengamati berbagai patung
Nusantara dari tanah liat, siswa membuat patung dari tanah liat yang
disesuaikan dengan budaya daerah mereka masing-masing. Mandiri
§ Sebelum membuat patung, siswa
ditugaskan memperhatikan hal-hal berikut.
Untuk membuat patung Nusantara,
siswa dapat menggunakan tanah liat yang ditemukan di sekitar tempat tinggal
mereka. Jika di sekitar siswa tidak terdapat tanah liat, siswa bisa membuat
sendiri adonan dari tepung dengan langkah-langkah sebagai berikut.
§ Siswa mencoba membuat bentuk
model dengan menggunakan bahan. Kegiatan ini adalah untuk memberikan
kesempatan kepada siswa untuk berlatih agar terbiasa dengan bahan dan dengan
kelenturan tangan.
Kegiatan siswa dicatat dengan
menggunakan catatan anekdot.
§ Siswa melakukan perenungan dengan
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.
|
150 menit
|
||||
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Menyanyikan lagu daerah “Anak
Kambing Saya”
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡
Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Kertas
HVS
¡ Tanah
liat/lilin malam/bahan untuk membuat plastisin (terigu, garam, air, minyak sayur)
¡ Patung
Nusantara (apabila ada)
F. MATERI
§
Mengidentifikasi sikap yang mencerminkan sila ke-1 dan ke-2
serta menyebutkan langkah perbaikan atas sikap yang belum mencerminkan sikap dari
kedua sila.
§ Mendiskusikan patung nusantara,
membuat adonan mainan, dan mencobanya untuk membuat bentuk patung.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
H. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian Ketrampilan
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
Mengetahui
Kepala Sekolah
UNGGUL TAUFIK,S.Pd
NIP. 1970 12241997031004
|
…………, ………….2019
Guru Kelas VI
MUHAMMAD AMIN,S.Pd
NIP. 19840618201001 1 014
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN NO.059/XI
KOTO PUDUNG
Kelas / Semester : VI (Enam)
/ 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan
Sahabatku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1Menyimpulkan
informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
|
3.1.1 Menemukan ide pokok dengan bantuan
diagram.
|
2
|
4.1
Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan
atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.
|
4.1.1Mengembangkannya dengan menggunakan
bahasanya sendiri secara rinci
|
IPA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1Membandingkan
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
|
3.1.1Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya
|
2
|
4.1Menyajikan
karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan.
|
4.1.1Menyampaikan cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan
manfaatnya melalui tabel
|
C. TUJUAN
PEMBALAJARAN
1.
Setelah mengamati dan mencari
informasi, siswa mampu mengidentifikasi
cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyampaikan cara perkembangbiakan vegetatif
pada tumbuhan dan manfaatnya melalui tabel dengan benar.
3.
Setelah membaca teks tentang “Tumbuhan
Sumber Kehidupan”, siswa mampu
menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.
4.
Setelah menemukan ide pokok dari
bacaan, siswa mampu mengembangkannya
dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||||||||||||||||
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bangun Pemudi
Pemuda”. Nasionalis
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selamatkan
Makhluk Hidup”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Integritas
|
10 menit
|
||||||||||||||||||
Inti
|
§ Guru menunjukkan buah atau
sayuran yang dibawanya (yang berkembang biak secara vegetatif : bawang,
pisang, wortel, atau lainnya). Guru dapat meminta siswa untuk menulis
pertanyaan terkait tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait
perkembangbiakannya. Creativity and Innovation
§ Setiap siswa mendiskusikan
pertanyaan yang ditulisnya dalam kelompok. Collaboration
Guru berkeliling untuk memberikan
bantuan saat siswa berdiskusi. Guru bisa memberikan pertanyaan pancingan
apabila diskusi tidak berjalan
lancar.
Guru melakukan penilaian terhadap
satu kelompok saat mereka berdiskusi. Saat menilai, guru menggunakan rubrik.
Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini
dapat dinilai saat mereka
melakukan diskusi di kesempatan lain. Rubrik ada di halaman belakang.
§ Guru menginformasikan kepada
siswa bahwa mereka akan belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan secara
vegetatif.
Communication
§ Siswa memulai kegiatan dengan
melakukan pengamatan gambar yang ada pada buku pelajaran dan melakukan
diskusi setelahnya. Guru kembali berkeliling untuk memberikan motivasi.
§ Siswa dapat menambah pengetahuan
mereka dengan meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan atau teks
yang telah disiapkan tentang perkembangbiakan secara vegetatif (apabila
tersedia). Apabila tidak memiliki sumber tersebut, guru dapat mendatangkan
nara sumber dari orang tua. Critical Thinking and Problem Solving
§ Setelah mengamati tumbuhan di
lingkungan sekolah, siswa mengisi tabel pada buku dan menulis manfaat
perkembangbiakan secara vegetatif.
Tabel dan tulisan dinilai dengan
daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan
membaca teks dan menulis ide pokoknya dengan mengisi diagram.
Tumbuhan Sumber Kehidupan
Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa.
Indonesia memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan. Dataran
rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan
laut. Hampir semua ibu kota propinsi di Indonesia terletak di dataran rendah.
Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.
Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai
karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai
adalah kelapa, bakau, dan ganggang.
Dataran tinggi adalah daratan
luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa
dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran
tinggi Malang dan dataran tinggi
Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone
(Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi,
cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.
Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran
tinggi dan dataran rendah?
Oleh: Nuniek
Tara Salvia
§ Siswa menulis ide pokok pada
diagram yang tersedia.
§ Siswa mendiskusikan hasilnya
dengan teman kelompok dan membuat perbaikan yang perlu. Setelah itu mereka
mengembangkannya dengan kalimat sendiri. Collaboration
Diagram dinilai dengan
menggunakan daftar periksa yang ada di halaman penilaian.
§ Siswa melakukan perenungan dengan
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.
|
150 menit
|
||||||||||||||||||
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Menyanyikan lagu daerah “Apuse”
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
§
Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
§
Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
§
Wortel, umbi kayu, atau pisang
E. MATERI
- Mengamati tanaman di sekitar terkait perkembangbiakan vegetatif dan manfaatnya
- Menemukan ide pokok, informasi, mencatatnya pada peta pikiran, dan mengembangkannya melalui tulisan.
F. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
H. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian Ketrampilan
Mengetahui
Kepala Sekolah
UNGGUL TAUFIK,S.Pd
NIP. 1970 12241997031004
|
Koto Pudung………….2019
Guru Kelas VI
MUHAMMAD AMIN,S.Pd
NIP. 19840618201001 1 014
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN NO.059/XI
KOTO PUDUNG
Kelas / Semester : VI (Enam)
/ 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan
Sahabatku
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
|
1.1.1Memahami tiga contoh pelaksanaan sila ketiga dari
sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.1.1Melakukan refleksi terkait penerapan sila ketiga dari sila Pancasila.
|
3
|
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
|
3.1.1Menemukan
tiga contoh
pelaksanaan sila ketiga dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.1.1Melakukan
refleksi terkait penerapan sila
ketiga dari sila Pancasila
|
BAHASA
INDONESIA
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks
laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
|
3.1.1Menyebutkan ciri-ciri kesimpulan yang
baik
|
2
|
4.1
Menyajikan simpulan secara lisan
dan tulis dari teks laporan
hasil pengamatan atau
wawancara yang diperkuat
oleh bukti.
|
4.1.1Merumuskan
komponen kesimpulan yang
baik
|
C. TUJUAN PEMEBALAJARAN
1.
Setelah membaca contoh beberapa
kesimpulan, siswa mampu menyebutkan
ciri-ciri kesimpulan yang baik dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
merumuskan komponen kesimpulan yang
baik dengan benar.
3.
Setelah mengamati gambar situasi,
siswa mampu menemukan tiga contoh
pelaksanaan sila ketiga dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
melakukan refleksi terkait penerapan sila
ketiga dari sila Pancasila dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
§ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah
Benderaku”. Nasionalis
§ Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
§ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
§ Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selamatkan Makhluk Hidup”. Integritas
§ Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Guru menunjukkan
tumbuhan dalam pot dan mengajak siswa untuk memberikan
pendapatnya tentang manfaat-manfaat tumbuhan.
Mengingat
manfaatnya yang banyak, siswa diajak untuk menjaga tumbuhan di
sekitar.
Siswa mengerjakan
tugas yang ada di buku pelajaran tentang manfaat tumbuhan
dalam kehidupan, yaitu sebagai sumber oksigen.
§ Siswa
membaca instruksi yang ada di buku teks
dan membaca teks bacaan.
§ Guru
mengajak siswa membaca paragraf I
dalam hati dan membaca kesimpulan
yang ada di buku. Guru mengajak
siswa menemukan ciri-ciri kesimpulan
yang baik. Seorang siswa dapat
menyampaikan pendapatnya dan guru
memberikan penguatan. Critical Thinking and Problem Solving
§ Guru
melanjutkan kegiatan untuk paragraf
kedua dengan kegiatan yang sama.
§ Setiap
siswa diminta untuk membuat ciri-ciri
kesimpulan yang baik. Pekerjaan siswa
diperlihatkan kepada guru.
§ Guru
memberikan informasi tentang daftar periksa yang akan digunakan untuk
menilai pekerjaan siswa. Communication
§ Guru
memberikan penguatan tentang apa yang dimaksud dengan kesimpulan
yang baik.
Kesimpulan yang
baik berisikan:
· pesan yang
ingin disampaikan kepada pembaca
· intisari
dari tulisan
· dimulai
dari khusus ke umum
· menggunakan
kosakata baku
· suatu
pernyataan yang dibuat berdasarkan
ide pokok dan kata kunci dari kalimat
penjelas dengan kalimat sendiri.
Tulisan siswa dinilai
dengan menggunakan daftar periksa yang terdapat di
halaman penilaian.
§ Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan menjawab
pertanyaan dan mendiskusikannya dengan teman kelompoknya.
Collaboration
§ Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah
seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa
memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.
§ Siswa secara individu harus menemukan contoh pengamalan sila ketiga
dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya. Mandiri
§ Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian.
§ Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang
pengamalan nilai Pancasila terkait sila ketiga. Integritas
Tulisan dinilai dengan daftar periksa yang terdapat di halaman
penilaian.
§ Siswa membaca soal matematika tentang kentang. Pada kegiatan ini siswa
harus menemukan bentuk operasi hitung campuran terkait urutan operasi
hitungnya.
§ Soal pertama dikerjakan secara individu dan siswa membahasnya dengan
teman kelompoknya. Guru meminta seorang siswa untuk menyampaikan hasilnya dan
memberi penguatan terkait proses hitungnya. Siswa kemudian diminta untuk
membetulkan jawabannya apabila perlu. Critical Thinking and Problem
Solving
§ Kegiatan menyelesaikan soal selanjutnya dilakukan dengan kegiatan yang
sama.
§ Setiap siswa atau dikerjakan dalam kelompok, membuat soal cerita yang
melibatkan operasi hitung campuran dan ditukarkan dengan tiga teman atau
kelompok. Soal tersebut harus dijawab. Guru harus mengecek soal siswa dan
memberi masukan sebelum dijawab. Collaboration
§ Guru membimbing terkait bentuk operasi hitung campuran.
Jawaban siswa dinilai dengan menggunakan skor dengan penjelasan di
halaman penilaian.
§ Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam Buku Siswa.
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang
terdapat pada lampiran di Buku Guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Menyanyikan lagu daerah “Burung
Tantina”
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan
Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Tumbuhan dalam pot.
F. MATERI
§
Membuat kesimpulan dari teks yang
dibaca
§
Menemukan sikap yang mencerminkan sila
ke-3 dan merefleksi sikap diri yang belum sesuai
dengan sila tersebut dan usaha untuk memperbaikinya.
G. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
H. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian Ketrampilan
Mengetahui
Kepala Sekolah
UNGGUL TAUFIK,S.Pd
NIP. 1970 12241997031004
|
Koto Pudung………….2019
Guru Kelas VI
MUHAMMAD AMIN,S.Pd
NIP. 19840618201001 1 014
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN NO.059/XI
KOTO PUDUNG
Kelas / Semester : VI (Enam)
/ 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan
Sahabatku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
IPS
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis dan
kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
|
3.1.1 Menyebutkan kehidupan sosial budaya
dari dua negara terkait kondisi
geografisnya
|
2
|
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik
geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
|
4.1.1 Menulis
laporan tentang perbedaan sosial
budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Memahami patung.
|
3..4.1 Menemukan cara membuat patung
|
2
|
4.4 Membuat
patung.
|
4.4.1 Mencoba
membuat patung dengan lebih terampil.
|
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Setelah membaca teks tentang ASEAN dan
kondisi geografisnya, siswa mampu
menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menulis laporan tentang perbedaan sosial
budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
3.
Setelah melakukan uji coba dengan
bahan patung, siswa mampu menemukan
cara membuat patung dengan tepat.
4.
Dengan menggunakan bahan tanah liat,
lilin malam, atau adonan, siswa mampu
mencoba membuat patung dengan lebih terampil.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Gugur Bunga”. Nasionalis
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selamatkan
Makhluk Hidup”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan mendiskusikan
wilayahnya.
§ Di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk
melanjutkan pekerjaan mereka terkait
negara ASEAN. Siswa membuka kembali catatan yang ada pada diagram Venn-nya.
§ Guru mengingatkan siswa untuk membaca informasi terlebih
dahulu tentang kondisi geografis negara ASEAN. Kemudian guru
menawarkan siswa untuk mencari informasi lebih dari guru atau bahan
bacaan lain apabila tersedia.
§ Guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.
§ Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya. Gotong
Royong
Diagram Venn dinilai dengan menggunakan daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
§ Siswa diingatkan untuk
mengambil bahan patung dan melanjutkan membuat model patung sederhana dengan
bahan yang ada agar terbiasa dan keterampilan mereka semakin bertambah baik.
§ Apabila di pembelajaran dua
siswa sudah dapat membuat patung dengan baik, maka siswa dapat mencoba
membuat patung dengan bentuk lainnya.
§ Guru mengingatkan siswa bahwa
membuat patung dibutuhkan kelenturan tangan yang baik dan kesabaran serta
kedisiplinan.
§ Guru berkeliling kelas untuk
mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka membutuhkan. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Setelah selesai dengan
kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan mengembalikan
pekerjaannya pada tempat semula.
§ Siswa melanjutkan kegiatan
dengan membaca soal cerita. Guru mengingatkan mereka untuk membacanya dengan
seksama dan menjawab soal dengan cermat.
§ Setiap soal dinilai oleh guru.
Guru melakukan penilaian terhadap satu kelompok saat mereka berdiskusi.
Saat menilai, guru menggunakan rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini dapat dinilai saat mereka
melakukan diskusi di kesempatan lain. Rubrik ada di halaman penilaian.
§ Siswa melakukan perenungan
dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.
§ Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku
Guru.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Menyanyikan
lagu daerah “Cik-Cik Periuk”
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan
Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡
Bahan membuat patung yang dipakai
sebelumnya
¡
Peta ASEAN
F. MATERI
§
Menambah informasi dua Negara ASEAN
terkait kondisi geografis
§
Berlatih keterampilan membuat patung
dengan membuat bentuk dari adonan mainan
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
H. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian Ketrampilan
Mengetahui
Kepala Sekolah
UNGGUL TAUFIK,S.Pd
NIP. 1970 12241997031004
|
Koto Pudung………….2019
Guru Kelas VI
MUHAMMAD AMIN,S.Pd
NIP. 19840618201001 1 014
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN NO.059/XI
KOTO PUDUNG
Kelas / Semester : VI (Enam)
/ 1
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1 : Tumbuhan
Sahabatku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan: ..................... / ........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
NO
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilainilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari .
|
1.1.1Memahami tiga contoh pelaksanaan sila ketiga Pancasila
terkait menjaga tumbuhan
|
2
|
2.1 Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.1.1Melakukan dua kegiatan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
terkait menjaga tumbuhan
|
3
|
3.1
Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
|
3.1.1Menemukan tiga contoh
pelaksanaan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan
|
4
|
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.1.1Menerapkan dua kegiatan yang
sesuai dengan sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan
|
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menyimpulkan
informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan
dibaca.
|
3.1.1 Mengumpulkan
ide pokok.
|
2
|
4.1
Menyajikan simpulan secara lisan
dan tulis dari teks laporan
hasil pengamatan atau
wawancara yang diperkuat
oleh bukti.
|
4.1.1Membuat
kesimpulan dari suatu teks menggunakan
kosakata baku.
|
C. TUJUAN
PEMEBALAJARAN
1.
Setelah membaca teks laporan, siswa
mampu mengumpulkan ide pokok dengan
benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
membuat kesimpulan dari suatu teks menggunakan
kosakata baku.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menemukan tiga contoh pelaksanaan sila
ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan tepat.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan
sila ketiga Pancasila terkait menjaga tumbuhan dengan rinci.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||||||||||
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing. Religius
¡
Menyanyikan lagu
“Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Pembiasaan Membaca 15
menit. Literasi
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selamatkan
Makhluk Hidup”. Integritas
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
||||||||||||
Inti
|
§
Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada
pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu
sekitar 2 menit. Mandiri
Tumbuhan Sumber
Karbohidrat, Protein, dan Vitamin
Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas
sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber
energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang
mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.
Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup megandung protein
untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti
sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung
protein, sehingga membuat kita tumbuh sehat. Tumbuhan tersebut adalah kacang
kedelai yang terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang
hijau, serta jenis kacangkacangan lain.
Manusia membutuhkan jenis makanan
yang mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan
melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis
tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat,
yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi
bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, manga, apel,
jeruk, dan banyak lagi.
§
Siswa kemudian mengisi tabel untuk membantu pemahaman
siswa.
§
Secara klasikal siswa mendiskusikan hasilnya. Guru
meminta satu atau dua siswa untuk membacakan kesimpulan dan membahasnya.
Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki pekerjaannya. Critical
Thinking and Problem Solving
§
Secara individu siswa mengumpulkan kesimpulan yang ada
dan menuliskan kesimpulan secara utuh. Siswa diingatkan untuk menulis
kesimpulan dengan menggunakan kosakata baku. Mandiri
Guru berkeliling untuk memberikan
bantuan saat siswa berdiskusi. Guru bisa memberikan pertanyaan pancingan
apabila diskusi tidak berjalan lancar.
Kesimpulan dinilai dengan daftar
periksa yang ada di halaman penilaian.
§
Guru dapat memulai kegiatan berikutnya dengan mengajak
siswa untuk berdiskusi tentang pengalaman mereka merawat tanaman. Gotong
Royong
§
Dua atau tiga siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan
pengalamannya. Siswa lain dipersilakan untuk memberi komentar.
§
Guru kemudian mengajak siswa untuk mengerjakan tugas
sesuai instruksi yang ada di buku.
§
Setiap siswa kemudian menulis rencana penerapan sila
Persatuan Indonesia terkait dengan menjaga tumbuhan. Tulisan mereka harus
memuat paling sedikit dua contoh kegiatan, rencana pelaksanaan kerjasama,
siapa saja yang dilibatkan, dan tempat serta waktu pelaksanaan.
§
Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok dan
setelah itu mereka menyampaikannya kepada guru. Communication
Rencana siswa dinilai dengan
menggunakan daftar periksa yang ada di halaman penilaian.
§
Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan
yang terdapat dalam Buku Siswa.
§
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.
|
150 menit
|
||||||||||||
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
¡ Menyanyikan lagu daerah “Yamko
Rambe Yamko”
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religiu
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan
Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
¡ Tumbuhan
F. MATERI
¡ Membuat
kesimpulan dari teks yang dibaca
¡ Membuat
cerita dan rencana penerapan sila ke-3.
G. METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
H. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
2. Peniaian Pengetahuan
3. Penilian Ketrampilan
Mengetahui
Kepala Sekolah
UNGGUL TAUFIK,S.Pd
NIP. 1970 12241997031004
|
Koto Pudung………….2019
Guru Kelas VI
MUHAMMAD AMIN,S.Pd
NIP. 19840618201001 1 014
|
0 comments :